Strategi Jitu Siapkan Anak Ujian

Ketika ujian datang, banyak guru yang ingin tahu bagaimana cara mempersiapkan anak didiknya dengan benar. Namun tidak semua guru mengetahui bagaimana memberikan pendampingan yang tepat. Di sini, kita akan belajar bagaimana cara mempersiapkan anak didik menghadapi ujian.

Dengan mengikuti tips berikut ini, guru bisa menyusun strategi terbaik untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Tips berikut ini bisa digunakan untuk menghadapi beberapa jenis ujian, seperti misalnya UTS, UAS, dan juga Ujuan Nasional.

Tips Mempersiapkan Siswa untuk Ujian

1. Bangun Kepercayaan Diri Anak

Ini adalah salah satu tips yang semua guru bisa lakukan. Kita harus membangun kepercayaan diri dari murid kita. Kebanyakan dari mereka tidak PEDE dengan adanya ujian. Tidak jarang mereka juga menghabiskan waktu semalaman untuk belajar secara begadang. Tentunya hal ini kurang baik bagi kesehatan mereka.

Tanamkan kepercayaan diri anak dengan cara memberikan beberapa latihan di sekolah maupun di rumah. Dengan beberapa latihan seperti ini, diharapkan mereka bisa lebih siap dalam menghadapi ujian. Ketika mereka sudah siap, mereka akan dengan tenang menyelesaikan semua soal di ujian dengan baik.

Tidak sulit untuk meningkatkan kepercayaan diri pada anak. Yang penting kita harus terus berusaha untuk memberikan pelajaran terbaik untuk murid kita. Mereka pelan-pelan akan belajar untuk membangun kepercayaan diri pada diri mereka sendiri.

2. Ajari murid mengelola stress

Ketika ujian datang, banyak sekali siswa yang lebih mudah terkena stress. Hal ini akan berdampak kurang baik terhadap perkembangan otak dari murid kita. Oleh sebab itu, kita harus pandai mengajarkan murid untuk mengelola stress mereka.

Ada beberapa tips yang mereka bisa ikuti, seperti misalnya berdoa menurut kepercayaan mereka masing-masing, mengatur nafas secara perlahan, dan juga membangun sugesti positif ke diri mereka sendiri. Dengan adanya afirmasi positif ini, mereka akan dengan mudah mengelola kondisi pikiran mereka selama ujian ini.

3. Ajarkan mereka untuk istirahat cukup

Hal ini juga perlu kita lakukan, apalagi jika kita ingin murid-murid kita sukses dalam ujian yang dihadapi. Sangat penting bagi mereka untuk dapat beristirahat dengan cukup. Walaupun menjelang ujian, mereka harus dapat waktu istirahat yang cukup. Hal ini sangat diperlukan untuk menghindari resiko ketiduran di ruang kelas saat ujian.

Ajarkan ke murid-murid bahwa sistem Kebut semalam atau yang sering disebut SKS adalah tidak benar. Mereka harus mulai belajar sejak jauh-jauh hari. Hal ini diperlukan untuk melatih mereka untuk dapat mempersiapkan segala aktivitas yang diperlukan.

4. Berkumpul dalam aktivitas mereka

Jika guru ingin mempelajari bagaimana cara membantu anak anak mempersiapkan diri menjelang ujian, kita bisa mengikuti tips ini. Kita sebaiknya belajar untuk membaur dengan mereka. Artinya, kita bisa berkumpul bersama mereka sambil melakukan aktivitas mereka.

Kegiatan bersama, seperti misalnya makan siang bersama, nonton film edukatif bersama, bahkan hingga merayakan ulang tahun bersama, bisa kita lakukan. Dengan adanya aktivitas bersama, mereka akan lebih cenderung santai dalam menghadapi ujian. Artinya, mereka bisa mempersiapkan ujian mereka dengan baik dan benar.

 

Leave a Reply