Pengalaman Ikut Program Belajar Bersama di Desa Kunciran

belajar bareng grup

Saya ingin berbagi beberapa cerita mengenai program belajar bersama di desa Kunciran. Ini adalah pengalaman yang sungguh tak ternilai bagiku seorang guru SD ini. Beberapa tahun lalu, saya mendapatkan tawaran yang cukup menggoda. Ada seorang bapak bapak yang menawarkan program belajar bersama di desa Kunciran Banten. Saya tidak langsung meng-iyakan, namun saya berpikir beberapa saat terlebih dahulu.

Namun, apa yang sudah saya pilih menjadi cukup beralasan sekarang. Ada beberapa hal yang kami lakukan sebagai salah satu pioneer program belajar bersama di desa ini. Berikut ini adalah beberapa cerita yang kami lakukan di sini. Semua hal ini membuat saya berasa sangat bersyukur ketika menjadi seorang guru SD di kota saya di Jakarta.

Pengalaman Hidup Bersama Siswa Kurang Mampu

Ini adalah pengalaman pertama dan mungkin satu-satunya yang saya bisa dapat. Ketika saya hadir di desa Kunciran tersebut, saya bertemu dengan beberapa siswa kurang mampu yang ada di desa tersebut. Walaupun begitu, mereka sangat antusias sekali dalam belajar beberapa pelajaran yang mereka ingin ketahui. Mereka sangat ingin menambah ilmu pengetahuan yang mereka ingin dapatkan.

Hal ini terlihat pada antusias nya mereka ketika mereka hadir di program belajar bersama ini. Kami sebagai guru tamu yang hadir di sana sangat terenyuh dengan keadaan ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang kami lakukan bersama dengan murid murid luar biasa ini.

a. Makan Pagi Bersama

Ini adalah hal pertama yang kami lakukan di sini. Kebanyakan dari murid murid ini sangat suka dan antusias dengan murid-murid. Kebanyakan dari para siswa ini tidak makan pagi setiap hari nya. Ini adalah kesempatan terbaik bagi mereka untuk mencoba makanan bergizi yang kami bawa. Walaupun tidak terlalu banyak, makanan ini sangat berguna untuk mereka. Kami juga bisa membangun keakraban melalui acara makan pagi ini.

b. Belajar Bersama

Ketika sudah masuk di hal inti ini, kami benar-benar fokus untuk memberikan yang terbaik untuk anak-anak ini. Hati kami sangat tergerak untuk memberikan cara terbaik dari kami untuk mereka. Kami membawa beberapa buku dan modul yang kami bawa dari kota kami. Buku-buku ini sudah kami sumbangkan kepada mereka. Hal ini untuk

c. Bermain Bersama

Walaupun program acara ini bernama belajar bersama, kami tidak selalu belajar dalam program ini. Kami juga menyelipkan acara bermain untuk anak-anak. Hal ini kami lakukan untuk mendekatkan kami pribadi ke murid murid ini.

Mereka terlihat sangat senang dengan pendekatan yang kami lakukan. Kebanyakan dari permainan ini dilakukan di luar ruangan. Hal ini kami lakukan untuk memperbanyak aktivitas yang mereka bisa lakukan.

Kami sangat ingin sekali memperpanjang stay kami di sini. Namun, apa daya kami hanya 1 hari berada di tempat ini. Kami berjanji pada mereka untuk kembali lagi ke sini. Jika memungkinkan, kita juga bisa menjemput mereka untuk kami bawa ke tempat kami.

Leave a Reply